6 Langkah Mudah Menjadi Youtuber Pemula Sukses 2021

Youtuber

Jagoan Network | Youtubera profesi yang banyak diinginkan oleh orang Indonesia saat ini. Meski sebelumnya, menjadi youtuber bisa dikatakan hanya sebagai pekerjaan sampingan bahkan hobi saja.

Banyak orang yang mencoba menjadi youtuber, kemudian mereka bisa menunjukan bahwa dengan menjadi pembuat konten youtube bisa memberikan penghasilan yang besar. 

Hal ini menjadi motivasi orang yang selainnya untuk berbondong-bondong beralih menjadi youtuber. Tentu yang menjadi motivasi utama yaitu penghasilan yang besar, bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan bekerja formal.

Buat teman-teman yang ingin menjadi youtuber juga, berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk memulai menjadi seorang youtuber pemula. Cara ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam membangun channel youtube sejak 2014. 


1. Buat Channel Youtube

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu harus memiliki channel youtube. Channel youtube berfungsi sebagai media untuk menampung karya video yang nantinya akan teman-teman buat. 

Perlu diketahui bahwa membuat channel youtube ini sifatnya gratis. Teman-teman bisa membuat channel youtube saat sudah memiliki akun Google. Jadi pastikan sudah mendaftar dan memiliki akun google terlebih dahulu. 


2. Buat konten video

Tugas utama seorang youtuber yaitu membuat konten video, ini karena youtube adalah situs berbagi video. 

Untuk membuat video youtube, teman-teman harus menentukan terlebih dahulu jenis video apa yang akan dibuat. Ini akan berpengaruh pada perlengkapan yang dibutuhkan nantinya.

Jika teman-teman ingin membuat jenis konten video gaming, maka teman-teman butuh komputer atau laptop dengan spek gaming. Kemudian perlu menginstall screen recorder, microfon, dan juga software editing video.

Jika teman-teman ingin membuat vlog namun memiliki budget yang terbatas, maka teman-teman cukup menggunakan smartphone yang teman-teman miliki dan microfon murah yang bisa dibeli secara online yang harganya sekitar 15ribuan.

Jadi, konten apa yang ingin teman-teman buat?

Perlu dicatat bahwa apapun jenis kontennya, teman-teman harus memiliki kemampuan editing video standar. Paling tidak bisa memotong video, menambahkan background musik, serta menambahkan teks jika diperlukan.


3. Unggah video ke Youtube

Sebgai youtuber pemula teman-teman harus mempelajari juga cara mengunggah video ke youtube. Mengapa perlu banyak belajar hal ini? upload saja kan mudah sekali?

Yang dibutuhkan disini bukan hanya upload video ke channel youtube. Melainkan perlu melakukan optimasi, tujuannya agar video yang di upload dilihat banyak orang.

Sekali lagi saya ingatkan, bahwa ini adalah artikel untuk youtuber pemula. Ingat, sebagai pemula channel youtube yang dibangun mulai nol yang belum terkenal sama sekali.

Sehingga perlu melalukan optimasi video, paling tidak bisa menguasai pencarian teratas mesin pencari youtube dan google. 


4. Bagikan link video ke sosial media

Selain optimasi yang tujuannya untuk mendapatkan penonton dan subscriber organik, teman-teman juga bisa membagikan link video youtube ke sosial media yang dimiliki seperti facebook, grup whatsapp, dan sebagainya.

Ini tujuannya agar teman atau follower di sosial media yang lain bisa menyaksikan video yang dibuat. Dan juga jangan lupa ajak mereka untuk melakukan subcribe pada video yang teman-teman upload.


5. Ulangi proses 2 hingga 4

Ada prinsip yang harus dipegang untuk youtuber pemula, yaitu semakin bagus dan banyak video yang dibuat maka akan semakin besar juga peluang untuk membesarkan channel.

Sehingga usahakan untuk terus mengulangi proses membuat video, optimasi dan juga share link video.

 

6. Mendapatkan uang dari Youtube

Yang menjadi harapan seorang youtuber pemula yaitu bisa mendapatkan uang dari youtube. Jadi disini saya bagikan informasi singkat untuk mendapatkan uang dari youtube.


Google adsense

Pendapatan youtuber pada umumnya yaitu dari hasil bagi iklan Google adsense. Namun untuk bisa mendapatkan uang dari hasil bagi iklan adsense ini perlu menjadi partner google adsense terlebih dahulu, dan prosesnya butuh waktu yang cukup lama. Mulai dari pendaftaran, review akun, hingga nanti verifikasi akun.

Selain itu, agar video youtube dipasangi iklan dari google adsense maka perlu mengikuti syarat dan ketentuan yaitu channel youtube memiliki 1000 subsciber dan sudah mendapatkan total 4000 jam tayang. 

Namun banyak channel yang sudah melaampaui 1000 subsciber dan 4000 jam tayang, tapi mereka belum mendapatkan persetujuan untuk menayangkan iklan google adsense. 

Gimana? Mau tetap jadi youtuber dengan syarat yang rumit agar bisa menghasilkan uang?


Jualan produk, dropship, affiliate di youtube

Mendapatkan uang dari youtube bukan hanya dari google adsense. Teman-teman bisa juga menghasilkan di youtube seperti jualan produk atau jasa. 

Jika tidak memiliki produk, teman-teman bisa mengikuti program affiliate, dropship, dan sebagainya.

Demikian informasi tentang cara menjadi youtuber pemula yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi yang lebih ampuh untuk menjadi youtuber pemula, bisa juga dibagikan infonya di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara menjadi youtuber pemula ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Lebih baru Lebih lama