Cara Mengatasi Layanan Google Play Telah Berhenti Terbaru

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Jagoan Network | Bagi kalian pengguna Android, Google Play Service atau Layanan Google Play merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan. Pastinya kalian sering mendownload berbagai macam aplikasi yang dibuat oleh beragam developer di layanan Google Play.

Di Google Playstore ada banyak aplikasi, baik itu aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa kalian download kapan saja dan dimana saja, dengan menggunakan Android yang kalian miliki dan tentunya harus terhubung ke internet.

Tetapi, aplikasi Google Play terkadang mengalami gangguan, seperti munculnya notifikasi bahwa layanan Google Play sudah berhenti. Nah hal ini kadang membuat kita kesal ketika gagal mendownload aplikasi.

Tapi kalian tenang saja karna artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi layanan google play terhenti.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Untuk memperbaiki Layanan Google Play yang terhenti tanpa ada data yang hilang, berikut beberapa cara untuk mengatasi penyebab Layanan Google Play terhenti yang bisa kalian coba sendiri.

Menghapus Chace Layanan Google Play

Cara pertama untuk mengatasi google play yang terhenti adalah dengan cara menghapus cache yang menumpuk di Layanan Google Play . Karna Aplikasi Layanan Google play ini sangat berkaitan dengan sistem android.

  1. Masuk ke menu Setting atau Pengaturan di HP Androind kalian.
  2. Dimenu Pengaturan pilih menu Aplikasi
  3. Kemudian pilih Manager Aplikasi.
  4. Cari aplikasi Layanan Google Play.
  5. Masuk ke aplikasi layanan google play
  6. Selanjutnya tab Penyimpanan
  7. Hapus Memori Layanan Google Play.

Hapus Update Aplikasi

Biasanya update Play Store versi terbaru tidak seimbang dengan versi android yang dimiliki oleh perangkat android, sehingga aplikasinya menjadi tidak konstan dan akhirnya pun google play terus berhenti. Nah cara kedua untuk mengatasi layanan google play terhenti selanjutnya adalah dengan menghapus update aplikasi.

  1. Masuk ke menu Setting atau Pengaturan di HP Androind kalian.
  2. Pilih Setting pilih Aplikasi. Seperti contoh pada gambar.
  3. Kemudian pilih menu Manager Aplikasi.
  4. Kemudian cari aplikasi Layanan Google Play.
  5. Kemudian tab Lainnya, yang berada pada pojok kanan atas. 
  6. Kemudian Hapus Instalan Pembaruan.

Merestart Perangkat Android Kalian

Jika 2 cara diatas sudah dilakukan, sekarang coba kalian matikan lalu hidupkan kembali android kalian (reboot). Untuk memulihkan performa ponsel anda seperti semula, dan supaya proses aplikasi berjalan dari awal lagi.

Gunakan Aplikasi Cleaner

kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih atau cleanser untuk meminimalisir penumpukan cache di android. Aplikasi pembersih bisa membersihkan virus yang ada di hp kalian, dan aplikasi pembersih juga bisa menjaga kesehatan Hp android kalian. Kalian bisa download aplikasi pembersih di Google Play Store.

Menggunakan 9Apps APK (Aplikasi Pengganti Play Store)

Bila 4 cara diatas sudah kalian lakukan dan hasilnya tetap Google Play Store terhenti, maka cara terakhir yaitu dengan bantuan alternatif lainnya kalian bisa menggunakan aplikasi pengganti Play Store yang bernama 9Apps.

kelebihan 9Apps adalah:

  • Tidak perlu Login
  • Download aplikasi APK gratis
  • Banyak Pilihan
  • Ringan

Tapi jika cara ini  tidak juga berhasil mengatasi masalah Layanan Google Play Telah Berhenti / Google Play Services Has Stopped” maka kalian perlu mengembalikan pengaturan HP android anda ke bawaan pabrik atau dengan melakukan Factory reset. 

Semoga artikel ini bermanfaat, Kalian dapat membantu Jagoan Network dengan cara share artikel ini sebagai bentuk terima kasih.

Lebih baru Lebih lama