Cara mengunci microsoft word agar tidak bisa dibuka

Jagoan Network | Kali ini saya akan membagikan cara mengunci file atau dokumen microsoft word memiliki fungsi untuk melindungi dokumen atau file agar tidak bisa diakses oleh semua orang. Tujaunnya jelas agar isi dari dokumen atau file ini bisa terjaga, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Biasanya dokumen atau file yang penting serta rahasia perlu benar-benar dijaga agar tidak bisa dilihat atau dibaca oleh orang lain yang kemungkinan bisa menyalagunakannya.

Microsoft word memliki fitur untuk mengunci dokumen ini dengan password yang tidak bisa diakses orang lain, kecuali yang memiliki passwordnya. 

Dalam artikel ini saya akan memberikan cara singkat untuk mengunci dokumen atau file microsoft word. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa mengikuti cara berikut ini. 


Buka dokumen microsoft word

Yang pertama yang harus teman-teman lakukan adalah membuka dokumen baru dan membuat isinya. Namun jika teman-teman yang sudah memiliki dokumen yang akan dikunci, maka tinggal membuka dokumen microsoft word tersebut.


Buka Menu File

Menu File

Jika dokumen sudah terbuka, kemudian teman-teman bisa klik menu file seperti yang ada pada gambar. Jika sudah klik menu file, maka teman-teman akan melihat banyak sub menunya.

Cara mengunci microsoft word agar tidak bisa dibuka

Langkah berikutnya teman-teman bisa klik sub menu "info" untuk memunculkan berbagai fitur penguncian dokumen.


Protect Document >> Encrypt with Password

Cara mengunci microsoft word agar tidak bisa dibuka

Jika sub menu "info" sudah dibuka, maka teman-teman bisa bisa memilih fitur "protect document" seperti yang ada pada gambar.

Kemudian akan muncul beberapa pilihan proteksi dokumen, teman-teman bisa memilih opsi "encrypt with password".


Masukan Password >> Ulangi memasukan password yang sama

Cara mengunci microsoft word agar tidak bisa dibuka

Setelah muncul opsi encrypt with password, maka akan muncul kotak dialog yang isinya bahwa teman-teman diminta untuk mengisikan password yang diinginkan. 

Jika password sudah diisi, maka berikutnya klik OK untuk melanjutkan ke kotak dialog berikutnya.

Cara mengunci microsoft word agar tidak bisa dibuka

Setelah muncul kotak dialog kedua, teman-teman diminta konfirmasi password yaitu dengan mengisikan lagi password yang teman-teman buat pada kotak dialog yang pertama.


Simpan dokumen

Jika dokumen sudah di password, berikutnya teman-teman bisa menyimpan dokumen tersebut sebelum menutup file atau dokumen microsoft word.


Buka dokumen untuk memastikan sudah terkunci 

Untuk memastikan bahwa dokumen telah di kunci dengan baik, maka teman-teman bisa membuka dokumen atau file microsoft word tersebut. Jika sudah benar-benar terkunci dan tidak bisa dibuka, maka proses yang teman-teman lakukan sudah benar.


Demikian informasi tentang cara mengunci file atau dokumen microsoft word agar tidak bisa dibuka. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap berkaitan mengunci file atau dokumen microsoft word, bisa juga dibagikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengunci file atau dokumen microsoft word ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Lebih baru Lebih lama